Sosialisasi, Evaluasi, dan Pelaporan Rencana Aksi Daerah TPB/SDG’s

Batulicin, Senin 13/01/2020. Bertempat di Aula Rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, dilaksanakan acara sosialisi terkait evaluasi dan pelaporan Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Sustainable Developement Goals (SDGs). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang Perencanaan Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Sosial Budaya sebagai pemantapan teknis pelaksanaan Evaluasi dan Pelaporan RAD di Kabupaten Tanah Bumbu. Selain dari unsur pemerintah turut diundang juga dari stake holder terkait seperti dari korporasi yang dihadiri oleh PT. Jonlin Group, Pihak Kepolisian, serta dari media lokal.

Acara dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan dan dilanjutkan oleh pemaparan oleh Ketua Tim SDG’s Kabupaten Tanah Bumbu Drs. Rahmadi, dalam pemaparannya beliau menyampaikan masih banyak indikator SDGs di daerah yang dapat ditingkatkan lagi sebagai contoh Tanah Bumbu termasuk daerah dengan peningkatan IPM yang tinggi yaitu 70,05 pada tahun 2018.

Seperti diketahui bersama SDGs adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan kearah pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong  pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. SDGs diberlakukan  dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk  meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang terlewatkan atau “No-one Left Behind”.

Jika sebelumnya MDGs memiliki 8 tujuan yang ingin dicapai masyarakat global, antara lain; 1) Menangulangi kemiskinan dan kelaparan, 2) Mencapai pendidikan dasar secara universal, 3) Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, 4) Menurunkan angka kematian anak, 5) Meningkatkan kesehatan ibu, 6) Memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan penyakit menular lainnya, 7) Menjamin daya dukung lingkungan hidup, 8) Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan. SDs  memiliki 17 tujuan yang ingin dicapai oleh masyarakat dunia diantaranya adalah: (klik tautan ini)

 

Untuk pemaparan materi dilakukan perwakilan dari Tim Sekretariat Nasional SDGs Khairanis Rahmanda Irina, dalam kesempatan yang sama beliau menyampaikan , “dengan melaksanakan SDGs maka berarti telah ikut mewujudkan tujuan agenda pembangunan global yang sinergis dengan pembangunan nasional serta pembangunan di daerah”. Prinsip dasar SDGs adalah melibatkan semua pihak terkait seperti pemerintah, korporat, LSM, akademis, UKM, dan masyarakat pada umumnya dalam rangka sharing knowledge untuk bersama menghasilkan kebijakan yang tepat guna sesuai dengan kebutuhan dan karakter di daerah, tambahnya.

Selain sosialiasi juga dijelaskan mengenai teknis pengisian tabel evaluasi serta teknis pembuatan laporan yang sesuai dengan aturan payung hukum SDG’s.

 

 

 

 

 

SM