Sosialiasi Pengisian Form Kinerja KP2S Aksi Stunting Tahap 5,6,7, dan 8

Gunung Tinggi, 20/01/2020 Bertempat di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Tanah Bumbu, Bidang Perencanan Pembangunan Manusia, Masyarakat, Sosial dan Budaya mengadakan sosialisasi terkait teknis pengisian Form Kinerja KP2S untuk aksi stunting tahap 5, 6, 7, dan 8. Kegiatan ini langsung dipimpin oleh Kepala Bidang serta dari unsur Pejabat Fungsional Perencana. Adapun dari unsur SKPD dihadiri oleh berbagai instansi diantaranya dari Dinas Kesehatan, Dinas Pembederdayaan Masyarakat Desa, Dinas Komunifkasi dan Informatika, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pekerjaan Umum, dan Dinas KBP3A.

Pengisian form ini direncanakan selesai pada tanggal 25 Januari 2020 untuk segera ditindaklanjuti pada aksi tahap berikutnya.

Stunting merupakan manifestasi dari kegagalan pertumbuhan yang dimulai sejak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun. Oleh karena itu pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas harus dipersiapkan Intervensi Gizi Spesifik yang ditujukan kepada anak dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan berkontribusi pada 30% penurunan stunting dan Intervensi Gizi Sensitif yang dilakukan melalui berbagai kegiatan pembangunan diluar sektor kesehatan dan berkontribusi pada 70% penurunan stunting dengan sasaran masyarakat secara umum.

Persoalan stunting patut menjadi perhatian untuk segera dituntaskan, tingginya prevalensi anak stunting telah memposisikan Indonesia ke dalam lima besar dunia masalah stunting dibawah India, Cina, Nigeria, Pakistan. Dalam rangka percepatan penurunan stunting, Pemerintah Pusat telah menetapkan kabupaten/kota lokasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting terintegrasi termasuk di Kabupaten Tanah Bumbu.

 

 

 

 

SM