Sosialisasi Pemutakhiran Dokumen Strategis Sanitasi Kabupaten Tanah Bumbu

 

Gunung Tinggi , 23/01/2020. Strategi  Sanitasi  Kabupaten/Kota  (SSK)  adalah rencana pembangunan sanitasi yang  terpadu  dan  menyeluruh  untuk  jangka  menengah  yang  berisi  visi,  misi,  sasaran,  tujuan, strategi, serta program dan kegiatan  pembangunan  untuk  meningkatkan  kondisi  sanitasi. Mengingat Kondisi sanitasi di Indonesia pada umumnya masih  sangat memprihankan. Buruknya  sanitasi di daerah perdesaan dan  perkotaan  membawa  pengaruh  buruk  bagi  kesehatan  dan  masyarakat  miskin  merasakan  dampak yang terbesar. Untuk itu diperlukan pemutakhiran Dokumen SSK yang sesuai dengan kondisi eksisting masyarakat saat ini.

Acara dibuka dengan arahan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Suhartoyo. Dalam kesempatan ini beliau mengingatkan bahwa dalam rangka penyehatan lingkungan diperlukan mindset yang benar, bagaimanapun infrastruktur penunjang sanitasi yang telah dibangun harus juga didukung dengan pola pikir masyarakat. Mindset hanya bisa dibangun dengan membiasakan hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari, tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh SKPD-SKPD terkait diantaranya Dinas PUPR, Dinas PERKIMTAN, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,da dan Dari PDAM. Narasumber yang dihadiri oleh pihak konsultan sebagai pemberi materi juga menjelaskan mengenai pentingnya sinergi dan komitmen pemerintah daerah dalam mengimplementasikan strategis sanitasi ke dalam perencanaan daerah sebagai bentuk tindak lanjut berupa aksi dari dokumen SSK tersebut. Pada kesempatan tersebut turut dijelaskan pula teknis penyusunan dokumen SSK.

Komitmen daerah pemerintah daerah dituntut dalam perencanaan pembangunan sanitasi dengan berpedoman pada dokumen SSK sehingga dapat menghasilkan Output berupa paket kebijakan yang sesuai dengan program nasional, provinsi, dan kabupaten. Selain dengan adanya kebijakan-kebijakan yang dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses fasilitas sanitasi sesuai dengan eksisting daerah yang berbeda-beda, dengan adanya dokumen SSK diharapkan bisa memaksimalkan sumber-sumber pendanaan dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN, CSR, sektor usaha, dan sebagainya untuk menunjang kegiatan penyehatan lingkungan di Kabupaten Tanah Bumbu.

 

 

 

 

SM