WORKSHOP SIPD ONLINE

SIPD online adalah wadah yang digunakan untuk pengumpulan data dan selanjutnya digunakan sebagai bahan perencanaan. Data dalam penyusunan RPJMD diolah untuk analisis umum gambaran daerah termasuk permasalahan strategis yang diangkat dalam visi dan misi kepala daerah.

Mengingat pentingnya hal tersebut maka BAPPEDA Kabupaten Tanah Bumbu bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Lantai 3 Kantor Bupati Tanah Bumbu melaksanakan Workshop SIPD Online dengan Narasumber Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi BAPPEDA Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. I Gede Suardika, M.Si.

“Dengan data kita dapat merumuskan solusi serta masalah dengan tepat dan akurat”, ungkap Drs. I Gede Suardika.

 

Acara yang juga dihadiri oleh SKPD yang memiliki potensi data selain pemaparan juga diisi dengan workshop singkat teknis pengisian data ke dalam sistem SIPD Online yang dipandu oleh tim teknis BAPPEDA Provinsi Kalimantan Selatan.

 

Tujuan dari SIPD online adalah selain sebagai media untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah dan mengoptimalkan SKPD dalam pengumpulan dan pengisian data daerah, tapi juga berfungsi sebagai Legal Database yang artinya data yang termuat di SIPD Online dapat dijadikan dasar resmi pengambilan suatu keputusan dan kebijakan daerah karena data tersebut memiliki sifat akuntabel.

 

 

 

SM