Simulasi Auditing Standar Pelayanan ISO 9001:2015

 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan simulasi auditing untuk Standar Pelayanan ISO 9001:2015. Bertempat di ruang rapat sinergis, Bappeda, tujuan simulasi auditing adalah untuk studi kasus mengenai ketidaksesuaian yang kerap terjadi dalam pelayanan administrasi kantor serta untuk sosialisasi mengenai tata cara melakukan auditing yang sesuai dengan ketentuan.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka meningkatkan Standar Pelayanan kepada masyarakat bekerjasama dengan Konsultan ISO 9001:2015 untuk melakukan pembenahan dalam kegiatan pelayanan demi menumbuhkan efektifitas kerja. Ada 4 (empat) Satuan Perangkat Daerah yang diujicobakan untuk mengikuti standarisasi pelayanan antara lain: Bappeda, Inspektorat Daerah, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan Sekretariat Kabupaten Tanah Bumbu.

Berikut beberapa tujuan dan manfaat penerapan ISO 9001:2015 bagi organisasi:

  1. Tujuan dan manfaat penerapan ISO 9001 : 2015 untuk mengatur sistem administrasi dan dokumen dalam perusahaan atau organisasi
  2. Tujuan dan manfaat penerapan ISO 9001 : 2015 untuk mengelola resiko yang dapat muncul dalam sebuah organisasi, ini yang menjadi tujuan penerapan ISO 9001 : 2015 yang baru.
  3. Tujuan dan manfaat penerapan ISO 9001 : 2015 untuk membangun sistem dasar dalam organisasi terpenuhi dari mulai aturan yang berhubungan dengan manusia (HR) sampai dengan hal yang mengatur tentang proses (produksi)
  4. Tujuan dan manfaat penerapan ISO 9001 : 2015 untuk memastikan setiap proses dan tahapan telah dilakukan sesuai aturan prosedur maupun standar baku yang telah ditetapkan.
  5. Tujuan dan manfaat penerapan ISO :2015 melakukan kontrol terhadap top manajemen agar lebih fokus dan konsisten dalam mencapai sasaran mutu perusahaan yang telah ditetapkan.

Dengan adanya pelayanan yang memiliki standar nasional diharapkan dapat meningkatkan pelayanan serta kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatannya.

 

 

SM