RAPAT KOORDINASI KAJIAN INFRASTRUKTUR

Pada selasa tanggal 20/02/2018 bertempat di ruang rapat sinergis kantor BAPPEDA Kabupaten Tanah Bumbu diadakan kegiatan rapat tentang Kajian Infrastruktur Daerah. Acara dihadiri oleh SKPD terkait diantaranya Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang, BPKAD, Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Industri dan Perdagangan, Dinas Perikanan, Bagian Hukum Sekretariat Daerah, Staf Ahli Bupati, Perwakilan tim FEB Universitas Lambung Mangkurat, serta para stakeholder lainnya.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membuat kajian infrastruktur dan mekanisme pendanaannya terhadap infrastruktur prioritas di Kabupaten Tanah Bumbu yang sedianya akan dibangun dengan didampingi Tenaga Ahli dari Universitas Lambung Mangkurat yang mempakari kajian pendahuluan dalam rangka kerjasama pendanaan antara pemerintah dan swasta.

Ada 3 (tiga) skema pembiayaan yang dibahas yaitu:

  1. Pemerintah-Pemerintah
  2. Pemerintah-Swasta
  3. Swasta-Pemerintah-Swasta

Dimana dari ketiga skema tersebut perlu adanya kajian lebih lanjut agar kegiatan peningkatan dan pembangunan infrastruktur di daerah layak secara ekonomi dan finansial sehingga dapat menarik calon investor untuk berinvestasi di Kabupaten Tanah Bumbu.

Berikut adalah Prioritas Infrastruktur di Kabupaten Tanah Bumbu:

  1. Bendungan Kusan
  2. Sarana dan Prasarana Air Bersih
  3. Pasar Semi Modern
  4. Peningkatan tipe Rumah Sakit Umum Daerah dari C menjadi B
  5. Infrastruktur pendukung Kawasan Industri Batulicin

 

SM