Pemkab Tanbu Rencanakan Bangunan Kantor Bappeda

Sumber : Media Center Kab. Tanah Bumbu (http://mc.tanahbumbukab.go.id/)

Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berencana membangun Kantor Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanah Bumbu yang baru. Ini terungkap setelah CV Asrindo Graha Consultant (CV AGC) selaku konsultan perencana pembangunan Kantor Bappeda tersebut menggelar ekspose di Aula Rapat Bappeda, Rabu (6/8) siang.

Ekspose tersebut dihadiri Kepala Bappeda Drs. Rahmadi beserta Jajaran, dan Perwakilan Dinas terkait, diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pemukiman dan Perumahan, BLHD serta Tim Leader dan para Ahli dari CV AGC.

Ir. Akhmad Rifani selaku Ahli Struktur CV. AGC dalam eksposenya memaparkan site plan rencana pembangunan Kantor Bappeda Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurutnya Kantor akan dibangun diatas lahan seluas 100×100 m dengan konsep modern dan memiliki dua lantai yang dilengkapi pasilitas pendukung sesuai dengan standart bangunan perkantoran modern, seperti tempat parkir, ruang lobby, moshala, Wc umum dan disabilitas, kantin dan ruang khusus untuk merokok.IMG_0006Pada lantai pertama akan dibuat ruangan-ruangan untuk para pejabat dan staf Bappeda yang masing dilengkapi dengan pasilitas pendukung seperti WC, ruang rapat Bidang, kantin dan moshala serta ruang lobby.
“ Untuk dilantai atas akan dibangun ruang rapat utama, ruang perpustakaan, ruang tunggu, ruang makan, dan ruang Karaoke serta tempat bagi para perokok,” paparnya.

Menurut Irfani, dari semua rencana yang ada, pihaknya masih terkendala masalah lahan yang sampai saat ini belum ditentukan oleh Bappeda, sehingga pihaknya belum bisa memastikan istimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk pembangunan gedung tersebut.

Menanggapi hal itu Kepala Bappeda Kabupaten Tanah Bumbu Drs. Rahmadi berjanji akan segera menentukan lahan untuk pembangunan kantor tersebut, dengan berkoordinasi dengan Dinas-dinas terkait.
“ Penentuan lahan ini penting guna memenuhi aspek-aspek pendukung yang mempermudah terlaksananya pembangunan ini, seperti aspek biaya, dan aspek lingkungan,” ujuarnya.

Drs Rahmadi juga mengharapkan melalui diskusi itu akan mendapatkan saran dan masukan-masukan dari Dinas terkait dalam upaya menyempurnakan rencana pecana pembangunan kantor tersebut.
“ Ini merupakan tahap awal, dan setalah adanya masukan dan saran dari Dinas terkait nantinya akan kita bahas kembali pada pertemuan berikutnya,” tutup Drs. Rahmadi.

Untuk diketahui ekspose ini merupakan tahapan awal yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pembangunan gedung yang memenuhi aspek estetika, fungsi dan standar teknis bangunan sesuai peraturan yang berlaku. YNR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *