Pemkab Tanbu dan Kodim 1022 Tanbu Laksanakan Program KB Kesehatan

Sumber : Media Center Kab. Tanah Bumbu (http://mc.tanahbumbukab.go.id/)

BATULICIN – Kegiatan KB Kesehatan Mabes TNI Tahun 2017 di Wilayah Kodim 1022 Tanah Bumbu dilaksanakan Selasa (5/9) di Kecamatan Kusan Hilir.

Acara yang berlangsung di Aula Koramil 1022-02 Kecamatan Kusan Hilir tersebut dihadiri pula Wakil Ketua TP PKK Tanah Bumbu Hj. Sadariah Sudian Noor, TNI, BKKBN Kalsel, Dinas KBP3A Tanah Bumbu, Camat Kusan Hilir, dan Muspika Kusan Hilir.

KB Kesehatan Mabes TNI Tahun 2017 mengambil Tema “Melalui Kegiatan KB Kesehatan Kita Wujudkan Keterpaduan Pelaksana Program Kesehatan Tahun 2017 yang dilaksanakan oleh TNI, Pemerintah, dan BKKBN dalam rangka meningkatkan kualitas masyarakat di daerah.

Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Tanah Bumbu, Narni, mengatakan Program KB Kesehatan Mabes TNI merupakan tindak lanjut dari MOU antara Panglima TNI dengan BKKBN dan Kementerian Kesehatan dalam rangka mensukseskan Program KB.WhatsApp Image 2017-09-05 at 00.31.34“Kegiatan ini merupakan program lintas sektoral dalam menekan laju pertumbuhan penduduk,” Sebut Narni.

Terkait Program KB di Tanah Bumbu, Narni mengatakan jumlah akseptor aktif yang ada di wilayah Tanah Bumbu melebihi dari target yang ditetapkan nasional. Saat ini akseptor aktif berada lebih tinggi dari taget nasional yaitu Tanah Bumbu berada di posisi 78 persen sedangkan target nasional hanya 75 persen.

Dijelaskannya, kebanyakan dari akseptor aktif di Tanah Bumbu menggunakan program KB jangka pendek seperti pil dan suntik. Sedangkan program KB jangka panjang seperti implan dan IUD (spiral) masih sedikit yang menggunakan.

Pada kesempatan itu pula, Narni juga mengajak semua pihak dapat mensukseskan Kampung KB di Tanah Bumbu.

Pada acara KB Kesehatan Mabes TNI juga dilakukan pemasangan Implan dan IUD yang disediakan oleh BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas KBP3A Tanah Bumbu.

(Rel/MC.Tanbu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *