Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Resmi Luncurkan SIMDA Perencanaan

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) secara resmi melaunching layanan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Perencanaan, Senin (20/11/2017) di Kantor Bupati Tanah Bumbu.

Launcing dihadiri oleh pihak Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalimantan Selatan dan para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Pemerintah Tanah Bumbu sejak tahun 2016 lalu telah berkerjasama dengan BPKP-Pusat dan BPKP perwakilan terkait Pengembangan SIMDA Perencanaan ini. Proses ini sekaligus penetapan Kab Tanah Bumbu sebagai Pilot Project Pengembangan SIMDA.

Selain melaunching SIMDA Perencanaan, pada kesempatan itu sekaligus pula dilaksanakan Workshop Tahap 2 dengan tema “Menuju Pemerintahan Dengan Sistem Informasi Perencanaan Terintegrasi”. Karena Workshop Tahap 1 telah dilaksanakan pertengahan tahun lalu dengan melibatkan Seluruh Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan yg dilaksanakan di Kab. Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, secara terpisah menyambut baik dengan dilaksanakanya launcing SIMDA Perencanaan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Mardani, dengan diterapkannya SIMDA Perencanaan ini pihaknya atau pemerintah daerah menginginkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih sehingga pembangunan yang dilaksanakan memberikan dampak nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud.

“Kami terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk menuju tata kelola pemerintahan yang baik. Hal ini seiring dengan Misi Kabupaten Tanah Bumbu yaitu Menyelenggarakan Tata Kelola Pemerintahan dan Birokrasi yang Baik, Efektif, Bersih dan Akuntable menuju Good Governance and Clean Governance” Ujar Bupati Mardani H Maming.

Sementara itu, terkait dilaksanakanya workshop SIMDA Perencanaan sebut Bupati Mardani H Maming diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan para pejabat perencana daerah dan pejabat pengelola keuangan daerah di Tanah Bumbu.

Untuk diketahui, SIMDA Perencanaan ini nantinya diintegrasikan dengan SIMDA Keuangan, SIMDA Barang Daerah, dan SIMDA Pendapatan sehingga terjadi singkronisasi dalam melaksanakan pembangunan di daerah dan juga dapat mencegah terjadinya korupsi yg dimulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan.

Sementara itu, dari BPKP Kalsel, Selamat Simanulang, mengatakan SIMDA Perencanaan dinilai penting dalam rangka menjalankan program pemerintah sesuai dengan perencanaan yang lebih baik, hingga tidak berdampak pada masalah pelanggaran hukum akibat dari perencanaan yang kurang memadai.

“Kalau perencanaannya sudah bagus maka dijamin 50% nya akan mencapai hasil yang lebih bagus,” kata Selamat Manulang.

Ia berbangga kepada Kabupaten Tanah Bumbu sebagai Kabupaten yang aktif dalam membaca perkembangan dalam pemanfaatan tekhnologi, walau Kabupaten yg relatif Muda namun kami lihat kinerja Tanah Bumbu sangat cepat dalam pembangunan, dan kami berharap hal ini dapat di lakukan pula oleh Kabupaten Kota lain agar menuju pemerintah yg baik dapat tercapai segera.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor yang menyambut baik dangan di launchingnya SIMDA Perencanaan yang diharapkan memberikan dampak nyata bagi peningkatan pembangunan di daerah sehingga berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat.

Terkait workshop, Wabup meminta para peserta untuk dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya sehingga dapat diterapkan di SKPD masing-masing.

“Saya berharap peserta mengikuti workshop dengan baik. Dan diterapkan dengan baik di lingkup SKPD masing-masing. Sehingga proses tata kelola keuangan untuk pelayanan masyakarat dapat berjalan dengan cepat transparan, efektif dan akuntabel,” pungkasnya.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MOU Kerjasama Pengembangan SIMDA sekaligus mengawali Launching SIMDA perencanaan oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dengan pihak BPKP-Perwakilan Kalsel.(MC.Tanbu)

 

 

Sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *