IMG 20150920 143334 754948BATULICIN - BAT (Bupati Adventure Trail) menyalurkan bantuan air ‎kepada warga dari sejumlah desa di Kecamatan Kusan Hilir.

Bantuan air bersih itu sendiri disalurkan oleh anggota BAT sebagai bagian dari kegiatan sosial yang memang menjadi program pokok BAT sebagai komunitas pecinta trail adventure di Tanah Bumbu (Tanbu).

BAT yang dibawah binaan Mardani H. Maming mantan Bupati Tanbu itu menurut koordinator kegiatan sosial pembagian air bersih Rooswandi Salem, adalah komunitas pecinta adventure trail di Bumi Bersujud yang sejak awal pendiriannya memegang komitmen, penyaluran hoby terhadap motor trail oleh ratusaan anggotanya itu bukan semata-mata untuk mencari hiburan saja. Namun lebih dari itu, kegiatan trail adventure yang selama ini mereka geluti tersebut harus mampu memberikan kontribusi terhadap kepentingan masyarakat, khususnya yang ada di wilayah perdesaan.

Oleh sebab itu ungkap Andy BAT sapaan akrab Rooswandi Salem, dalam kegiatan adventure yang mereka lakukan sekaligus juga untuk melihat kondisi masyarakat Tanbu yang ada di perdesaan, memantau kondisi sarana dan prasarana publik yang ada di desa-desa mulai dari kondisi jalan desa, sarana pendidikan, kesehatan dan sejumlah sarana publik lainnya.

"Misalkan pada saat kita melintasi wilayah perdesaan, jalur yang kami lalui terdapat jembatan yang rusak, sementara jembatan tersebut merupakan sarana vital bagi masyarakat, saat itu juga kondisi itu menjadi catatan kami yang selanjutnya kami akan laporkan ke dinas tekhnis terkait untuk bisa diperbaiki", ujar Andy mencontohkan.

Oleh sebab itu sambungnya, dengan komitmen menyatukan hoby sekaligus menjaring dan menyerap aspirasi serta permasalahan yang ada di masyarakat itulah pihaknya menggelar kegiatan sosial berupa pembagian air bersih di beberapa wilayah desa di Kusan Hilir.

"Seperti kita ketahui, akibat kemarau panjang tahun ini sejumlah desa di wilayah Tanah Bumbu mengalami krisis air bersih, yang salah satunya menimpa di beberapa desa di Kusan Hilir", katanya seraya menambahkan, desa-desa yang mendapatkan bantuan air bersih dari pihaknya untuk saat ini yakni ‎ Desa Pejala, Juku Eja, Pagaruyung, Pasar Baru, Wiritasi, Kelurahan Kota Pagatan, Batuah, dan Desa Gusunge.

Desa-desa tersebut mendapatkan prioritas bantuan karena desa-desa pesisir itu merupakan desa-desa yang paling parah krisis air bersihnya.

Dalam menjalankan kegiatan sosial itu BAT mengerahkan dua unit mobil tanki air bersih, sejak beberapa hari yang lalu, dan akan terus berlanjut hingga musim penghujan datang.

Andy jugaa menghimbau kepada seluruh komponen daerah, komunitas dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Bumi Bersujud agar bersama-sama bahu membahu membantu kesulitan warga untuk mendapatkan air bersih di musim kemarau tahun ini.

"Kami berharap, kegiatan serupa bisa juga dilakukan oleh komunitas-komunitas masyarakat lainnya, khususnya komunitas pecinta trail. Dalam menyalurkan hobi kita jangan hanya mencari kesenangan semata, namun harus kita sertakan pula kegiatan-kegiatan sosial yang langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat", pungkas Andy.

Dikirim dari Yahoo! Mail pada Android

Map

Sosial Media

kontak BAPPEDA