3D3Futf 83FB3FTVVTUkVOQkFORyBTQVRVSS5qcGc3D3F3D 740438Bidik Kalsel -Menjelang pengucuran Dana 1 Milyar 1 Desa pada Akhir Januari 2015 nanti, pihak Kecamatan Satui menggelar Musrenbangdes, Rabu (14/01/15.

Sebanyak 16 Desa yang terdapat dalam wilayah Kecamatan Satui rencananya akan menggelar Musrenbangdes secara bergantian dalam rangka persiapan dikucurkannya Dana 1 Milyar 1 Desa.

Untuk acara Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) pertama diadakan di Desa Sungai Danau, yang digelar diaula Kantor Desa Sungai Danau Satui Tanah Bumbu dengan dihadiri oleh Camat Satui dan Unsur Muspika, staf Bappeda, Kepala Desa dan para Ketua RT serta Tokoh Masyarakat juga lintas LSM setempat.

Camat Satui Setia Budi,SKM.MM mengatakankan, dirinya bersama unsur Muspika lainnya akan menggelar acara Musyawarah Rencana Pembangunan Desa serentak selama Bulan Januari 2015 dengan tujuan untuk mensingkronkan mana hasil yang dicapai Musrembangdes dan yang mana untuk dikelola lagi ketingkat Kecamatan.

"Ditargetkan dalam jangka 5 hari, ke 16 Desa di Kecamatan Satui sudah semua selesai Musrenbangdes dan rekapitulasi hasilnya diserahkan ke Tim Khusus Pokja," ucapnya.

Rencananya, launching penyerahan Dana 1 Millyar tersebut akan diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Tanah Bumbu kepada perwakilan desa di Kecamatan Satui, yaitu Desa Sungai Danau dan Desa Tegal Sari.

Sementara Sekretaris Desa Sungai Danau, Berly mengungkapkan terkait usulan desa yang diajukan pada rencana pembangunan di Tahun 2015 mendatang.

"Banyak usulan yang kami ajukan, termasuk usulan Tahun 2013 yang belum terealisasi, yaitu tentang pengaspalan jalan, pagar beton, pembangunan jembatan dan drainase, siring jalan dan bangunan yang belum pernah terealisasi," jelasnya.

Menurut staf Bappeda Tanah Bumbu, Endang Asyudi SPT.MS, selaku pendamping, Musrenbangdes sudah dilaksanakan sebelumnya dibeberapa tempat di Kecamatan Karang Bintang.

"Hari ini di Sungai Danau Satui dan di Kecamatan Angsana. Karena keterbatasan waktu dan tenaga, kami hanya bisa menghadiri hingga 7 Desa tiap acara pelaksanaannya," ujar Endang.

Karena adanya kegiatan Musrenbangdes diseluruh Desa se-Kabupaten Tanah Bumbu tanpa dihadiri Anggota Dewan, diharapkan kepada pihak DPRD nanti agar ikut berperan aktif demi kemajuan daerah.(Edy S/M12).

Map

Sosial Media

kontak BAPPEDA